Ketika Siswa Sekolah Dasar belajar Mendesain Jembatan

Adalah Devi Arfiane, Padang Eko W.,Teguh Santoso, dan Bunga Dewayanti mahasiswa Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang yang tahun 2013 ini mengikuti program kreativitas mahasiswa (PKM-M) dengan judul “Pembelajaran Aplikasi Ilmu SAINS untuk siswa SD dengan Alat Peraga Model Struktur Jembatan Rangka Stick Balsa”.

Sekelompok mahasiswa ini mencoba mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan di kampus dengan membuat alat peraga model jembatan dan mengujinya. Bak seperti ahli jembatan beneran, siswa SDN Mejasem Barat 03 Kabupaten Tegal itu menyusun batang-batang jembatan yang berupa kayu balsa. Sambungan antar batang direkatkan dengan lem putih khusus kayu. Setelah semuanya siap, barulah tiap kelompok siswa menguji seberapa kuat jembatannya dengan loading test yang tergantung pada jembatan. Juaranya adalah kelompok yang rancangan jembatannya mampu menahan beban paling besar. Tahap berikutnya para mahasiswa ini menceritakan bagaimana jembatan rangka baja di jalan raya itu bekerja mendistribusikan beban ke tumpuan.

CIMG3992CIMG3970

CIMG3979

CIMG4005

CIMG4017

CIMG4038

Ternyata untuk bermanfaat bagi orang lain tidak harus menunggu kita menjadi ‘orang’ agar mampu melakukan hal-hal yang besar. Semangat untuk berbagi ilmu untuk masa depan Indonesia yang lebih baik dapat kita lakukan sekarang. Hari ini juga.

Terimakasih untuk para guru yang telah menginspirasi kami.

Advertisements

5 thoughts on “Ketika Siswa Sekolah Dasar belajar Mendesain Jembatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s