Kuliah Umum Struktur Baja 2014

Pada hari Kamis, 23 Oktober 2014 (13.30-15.30 WIB) Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan kuliah umum setelah acara Lokakarya mata kuliah Analisis Struktur pada pagi harinya. Kuliah umum ini mengambil tema “Direct Analysis Method (AISC 2010), apa dan mengapa kita perlu mempelajarinya”. Dosen tamu kuliah umum adalah Dr. Ir. Wiryanto Dewobroto, MT (Praktisi dan Dosen Jurusan Teknik Sipil Universitas Pelita Harapan, Tangerang) dengan moderator Drs Henry Apriyatno M.T (Dosen Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang).

Kuliah umum ini diikuti 3 dosen dan 170 mahasiswa S1 / S2 Teknik Sipil dari Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Pandanaran, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Universitas 17 Agustus 1945 Semarang, Universitas Tidar Magelang, Undaris Ungaran, Universitas Semarang, dan STT Nusa Putra Sukabumi.

IMG_7158IMG_7220IMG_7226IMG_7250

Berikut cuplikan makalah yang disampaikan oleh Dr. Ir. Wiryanto Dewobroto, MT :

“Perkembangan code atau peraturan perencanaan struktur baja di Indonesia relatif stagnan. Saat ini code yang resmi digunakan adalah SNI 03 – 1729 – 2002, yang mengacu pada AISC code dari Amerika. Padahal sejak 2002 sampai sekarang, AISC code sendiri telah diperbaharui, yaitu versi 2005 dan 2010. Untuk antisipasi, team Puslitbang Pemukiman di Bandung telah membuat draft SNI baja (Puskim 2011), yang disusun sepenuhnya berdasarkan AISC code versi 2010, terbaru. Terkait dengan pengembangan kompetensi engineer, khususnya di bidang rekayasa konstruksi baja, maka adanya draft SNI baja (Puskim 2011) yang disusun oleh team Puslitbang Pemukiman, Bandung, dapat menjadi petunjuk bahwa kedepannya peraturan perencanaan yang akan digunakan di Indonesia adalah LRFD yang mengacu AISC (2010). Jadi kalau sekarang sudah dapat dimulai penguasaan materi tersebut, maka kedepannya tentu akan lebih siap menghadapi tantangan-tantangan yang timbul”. Makalah lengkap dapat diunduh di sini.

Kegiatan ini ditutup dengan pembagian doorprize dari penerbit Lumina Press, Konsultan Natural Desain Cipta Laras. PT Semarang, dan PT. Hilti Nusantara. Terimakasih kepada pihak sponsor yang telah memberikan doorprize kepada peserta yang beruntung. Terimakasih untuk segenap panitia dari mahasiswa S1 Teknik Sipil yang telah mempersiapkan kegiatan kuliah umum ini. Semoga menjadi ilmu yang bermanfaat.

IMG_7264

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s