Mahasiswa S1 Teknik Sipil 2014 studi lapangan di PDAM Tirta Moedal Semarang

Rabu, 26 Oktober 2014 (08.30 – 12.00 WIB) Mahasiswa Baru Program Studi Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang melakukan studi lapangan di Perusahaan Daerah Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang dalam agenda Mata Kuliah Kimia Dasar. Mahasiswa Baru yang didampingi oleh Bapak Arie Taveriyanto S.T,M.T selaku dosen pembimbing dan sekaligus dosen pengajar Mata Kuliah Kimia Dasar mengikuti pemaparan tentang proses pengolahan air sungai menjadi air siap minum yang dipaparkan oleh Ibu Hari Murni sebagai Kepala Sub Pengendalian Mutu PDAM Tirta Moedal Kota Semarang.

IMG_9284

Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Moedal Kota Semarang merupakan perusahaan milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang pelayanan masyarakat yang menyediakan air bersih untuk masyarakat Kota Semarang. Mungkin sekilas tidak ada hubungannya dengan kimia dasar namun bila dikaji lebih dalam lagi dari proses pengolahan air minum tersebut banyak sekali menggunakan bahan kimia. Hal tersebut menjadi acuan pada kunjungan lapangan kali ini. Disisi lain pula kita akan mendapat tambahan wawasan tentang tata cara pengolahan air sungai dc Pengadukan Cepat (Koagulasi), Proses Pengadukan Lambat (Flokulasi), Proses Pengendapan, Filtrasi, dan Proses Sterilisasi (desinfeksi). Proses-proses tersebut dijelaskan secara gamblang oleh Ibu Hari Murni selaku narasumber. Antusiasme Mahasiswa Baru Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang mengikuti tersebut memperoleh apresaiasi positif dari Ibu Hari Murni. Beliau mengatakan bahwa walau masih Mahasiswa Baru tetapi bisa secara kritis memahami ataupun menanggapi apa yang dijelaskan oleh beliau. Hal itu terlihat ketika mahasiswa bertanya kepada narasumber.

IMG_9326IMG_9363

Bukan hanya materi/teori yang kita dapatkan, melainkan survei lapangan langsung ke tempat atau bangunan untuk pengolahan air. Mahasiswa Baru diarahkan oleh Ibu Hari Murni untuk melihat secara langsung proses pengolahan air. Dibimbing oleh Ibu Hari Murni dan didampingi oleh Bapak Arie Taveriyanto S.T, M.T Mahasiswa baru berkeliling di bangunan untuk proses pengolahan air tersebut.

Setelah dipandu keliling di bangungan yang digunakan untuk pengolahan air, mahasiswa juga dipandu masuk kedalam laboratorium tempat pengecekan kelayakan air minum yang telah diproses. Laboratorium ini merupakan proses akhir dari serangkaian proses pengolahan air minum sebelum didistribusikan ke pelanggan.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian plakat kenang-kenangan yang diberikan perwakilan Mahasiswa Teknik Sipil UNNES kepada Ibu Hari Murni selaku narasumber sekaligus Kepala Sub. Pengendalian Mutu PDAM Tirta Moedal Kota Semarang. Terimakasih kepada pihak PDAM Tirta Moedal Kota yang telah berkenan meluangkan waktunya untuk menjelaskan bagaimana proses pengolahan air sungai menjadi air siap minum bagi masyarakat Semarang. Terimakasih untuk Bapak Arie Taveriyanto S.T,M.T selaku dosen Pembimbing sekaligus dosen Kimia Dasar dan Mahasiswa Baru Teknik Sipil Universitas Negeri Semarang yang telah mengikuti kegiatan ini dengan antusias dan semangat, semoga ilmu yang telah didapat dalam studi lapangan bisa bermanfaat.

IMG_9340IMG_9547

nina amalina s1 teknik sipil 2014 | amalinanina04@gmail.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s