Agenda 3 Mei : Kerja bakti membuat selokan Interlocking Precast Concrete di Deliksari

Permasalahan yang dihadapi warga RWVI Dukuh Deliksari, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati Semarang adalah kondisi sistem drainase yang buruk. Bantuan dari pemerintah maupun swasta untuk penataan lingkungan pemukiman menjadi tidak ada artinya jika gerakan tanah terus terjadi di setiap musim penghujan tiba. Warga sendiripun harus mengeluarkan biaya rutin yang tidak sedikit untuk melakukan renovasi rumahnya yang dalam kondisi miring karena gerakan tanah. Sistem drainase itu berupa drainase permukaan yang harus kedap air karena berfungsi untuk mencegah aliran air meresap ke dalam lereng. Peningkatan kejenuhan air akan memicu terjadinya gerakan tanah pada lereng. Selain program teknis, upaya pengurangan risiko bencana sangat sulit berhasil tanpa disertai program sosial yang menitik beratkan pada upaya pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan sifat kegotongroyongan warga yang masih kental.

Pelaksanaan program terdiri dari 3 (tiga) tahap yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Keterlibatan warga dalam tiap tahap program dalam bentuk pertemuan tokoh masyarakat dan kerja bakti dalam pembuatan prototipe selokan beton pracetak.

DSCN2840ETahap Persiapan kegiatan kerja bakti warga dan mahasiswa melalui kegiatan PKMM 2015.

DSC_0551EDSC_0435EDSC_0553ETahap pelaksanaan : Pembuatan selokan beton pracetak produksi gotong royong warga Deliksari.

Pelibatan warga dalam pelaksanaan program ditujukan agar warga dapat menekan biaya pembuatan selokan beton pracetak dengan tenaga gotong royong. Pengalaman warga tinggal di daerah rawan longsor yang hampir 30 tahun merupakan bahan diskusi yang menarik dalam pembuatan materi pelatihan. Selain itu warga nantinya harus dapat merawat sendiri saluran jika terjadi gerakan tanah yang membuat selokan bergeser.

Kondisi yang diharapkan warga tidak lagi menggunakan material-material yang getas pada kondisi tanah yang rentan bergerak seperti di daerah mereka. Material getas ini kurang awet, mudah terjadi keretakan yang dapat menyebabkan air hujan meresap kedalam tanah dan dapat memicu terjadinya gerakkan tanah. Beberapa material selokan yang bersifat getas yang sering digunakan warga adalah material pasangan batu kali, buis beton yang tidak ditulangi, dan pasangan bata.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s