Lanjutan Proyek Selokan Interlocking Precast Concrete di Deliksari

Kegiatan kerja bakti di RWVI Dukuh Deliksari, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati Semarang pada hari Minggu, 3 Mei 2015, telah menyelesaikan selokan kolektor beton pracetak sebanyak 10 segmen dengan panjang total 12 meter. Seluruh pembiayaan diperoleh dari kegiatan PKMM 2015 dengan judul Sosialisasi Model Selokan Interlocking Precast Concrete Untuk Daerah Rawan Longsor Deliksari Gunungpati Semarang yang diketuai oleh Chusnul Chotimah mahasiswa prodi S1 Teknik Sipil UNNES 2012.

DSCN3066E DSCN3067E

Masih tersisa beberapa segmen lagi agar selokan kolektor ini dapat berfungsi sebagai saluran drainase permukaan yang kedap air. Infiltrasi air hujan yang selama ini terjadi akibat saluran drainase yang getas dan tidak kedap air, akan meningkatkan kejenuhan air dan memicu terjadinya gerakan tanah pada lereng yang sering terjadi di daerah rawan longsor ini.

Melalui pembiayaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari Fakultas Teknik UNNES 2015 dan partisipasi warga, saat ini telah terkumpul pembiayaan untuk 10 segmen berikutnya. Saat ini masih dikerjakan produksi selokan beton precastnya, diharapkan setelah kegiatan kerja bakti lanjutan ini selokan kolektor dapat segera berfungsi sebagai bagian dari sistem drainase lingkungan dalam upaya mitigasi bencana longsor.

Rencananya kegiatan kerja bakti lanjutan ini insyaAllah akan dilaksanakan pada bulan September minggu ke-3 bersamaan dengan rangkaian kegiatan penyambutan maba S1 Teknik Sipil UNNES. Mari kita berbagi untuk kehidupan yang lebih baik.

DSC_0820E DSC_0821E DSC_0819EDSC_0003EDSC_0001E

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s