Sekaran Gunungpati Potensi Menjadi Laboratorium Kebencanaan Alam Teknik Sipil UNNES

Kondisi Jalan dari Kretek Wesi sampai kampus UNNES Sekaran Gunungpati nampaknya masih panjang ceritanya untuk menjadi jalan yang nyaman untuk dilewati. Setelah berganti dari flexible pavement berupa jalan aspal menjadi rigid pavement atau jalan beton pada tahun 2013 kondisi jalan tetap menunjukkan tanda-tanda adanya pergerakan tanah yang berupa retakan pada jalan beton. Belum lagi kondisi bangunan yang ada di sekitar jalan, dari Kampung Deliksari, Perumahan Trangkil Sejahtera, Perumahan Trangkil Baru, dan Perumahan Ayodya pernah menghiasi media dengan berita longsornya. Hal ini menimbulkan ide untuk membuat Laboratorium Kebencanaan Alam Teknik Sipil UNNES disepanjang jalan Kretek Wesi sampai kampus UNNES Sekaran Gunungpati Semarang.

DSCN1906ETanah Longsor di lereng yang dibuat manusia tahun 2011 di Jalan Sekaran Gunungpati Semarang

Adalah Astika Ulfah Izzati mahasiswa angkatan 2012 Jurusan Teknik Sipil Universitas Sriwijaya adalah mahasiswa yang pertama memanfaatkan kondisi alam di Sekaran Gunungpati untuk belajar tentang gerakan tanah dan longsoran untuk mempetajam topik yang akan diambil untuk Tugas Akhirnya (TA) pada hari Jumat, 4 Maret 2016. Dengan di pandu oleh mahasiswa yang penah meneliti di lokasi yakni Chusnul Chotimah (Sipil ’12), M. Hamzah Fansuri (Sipil’12), Kurnia Dwi Anggraini (Sipil’12), dan Tigo Mindiastiwi (Sipil’12), Astika berusaha memahami fenomena gerakan tanah di sekitar jalan sekaran dengan mendokumentasikan kondisi gerakan tanah yang terjadi.

IMG-20160305-WA0002EAstika Ulfah Izzati, Kurnia Dwi Anggraini, Chusnul Chotimah, Tigo Mindiastiwi dan M. Hamzah Fansuri.

Semoga ide untuk membuat Laboratorium Kebencanaan Alam Teknik Sipil UNNES dapat segera terwujud sehingga ide-ide baru untuk membuat jalan akses sekaran menjadi nyaman benar-benar menjadi nyata.

img071E

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s