Sosialisasi model selokan Interlocking Precast Concrete untuk Dusun Tinjomoyo

Setelah sukses di aplikasikan di Dusun Deliksari RW 6 Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati Semarang pada tahun 2015, mahasiswa prodi Teknik Sipil S1 UNNES yang tergabung dalam Tim KKN Alternatif Tahap 1 Tahun 2016 memperkenalkan Selokan model Interlocking Precast Concrete di Dusun Tinjomoyo RW 8 Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunungpati Semarang pada acara pertemuan RW  hari Sabtu, 12 Maret 2016.

semarangSEIMG20160312203333EIMG20160312203149E

Kondisi lahannya memiliki kemiripan dengan Deliksari yakni konturnya berlereng dan drainasenya belum tertata. Jadi tiap rumah menentukan dimensi saluran drainase sendiri berdasarkan pengalaman luapan saluran masing-masing. Sebelum paparan,  mahasiswa telah melakukan pemetaan situasi serta perhitungan analisis debit dan penampang saluran. Namun demikian karena masih dalam ranah teori dan dianggap belum mumpuni, pastinya paparan ide mahasiswa yang cemerlang ini belum bisa diterima dalam pertemuan tersebut. Semoga lain waktu konsep normalisasi saluran drainase dengan menggunakan selokan model Interlocking Precast Concrete dapat diaplikasikan juga di Dusun Tinjomoyo.

Bagaimana konsep yang ditawarkan oleh Chusnul Chotimah (sipil’12), Kurnia Dwi Anggraini (sipil’12), Tigo Mindiastiwi (sipil’12), M. Hamzah Fansuri (sipil ’12) dan Paradita Maharani Nur (sipil’12) dapat diunduh di sini. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s