Persiapan Implementasi Kurikulum 2015 : Problem Based Learning (PBL)

Problem-Based Learning (PBL) dicoba diaplikasikan pada desain flexible pavement dan rigid pavement, dan kemungkinan penggunaan sistem struktur jalan lainnya di ruas Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang. Masalah gerakan tanah berupa creep yang dipicu oleh hujan pemicu longsoran di Jalan Raya Sekaran Gunungpati Semarang telah menyebabkan flexible pavement dan rigid pavement sama-sama mengalami crack pada struktur jalan tersebut.

DSCN3293ECrack pada flexible pavement

DSCN3289ECrack pada rigid pavement

Metode belajar PBL  adalah salah satu metode pembelajaran SCL (Student Centered Learning) yang memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan penggalian informasi untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Pada umumnya, terdapat empat langkah yang perlu dilakukan mahasiswa dalam PBL, yaitu: (a) Menerima masalah yang relevan dengan salah satu/ beberapa kompetensi yang dituntut matakuliah, dari dosennya; (b) Melakukan pencarian data dan informasi yang relevan untuk memecahkan masalah; (c) Menata data dan mengaitkan data dengan masalah; dan (d) Menganalis strategi pemecahan masalah. PBL adalah belajar dengan memanfaatkan masalah dan mahasiswa harus melakukan penggalian informasi  untuk dapat memecahkan masalah tersebut.

DSCN4143EDSCN4141EPengambilan data-data lapangan untuk persiapan implementasi PBL dibantu oleh mahasiswa Chusnul Chotimah (Sipill’12), Bahar Ardianto (Sipill’12), dan Fahrudin, Amd.

Untuk menunjang metode belajar ini, segala informasi yang berkenaan dengan masalah ini perlu diperoleh sebelumnya, seperti pengukuran topografi, penyelidikan tanah dengan sondir, pengujian triaxial UU undisturbed sample, data pengujian geolistrik di sekitar ruas jalan tersebut dan data curah hujan dari BMKG. Semoga rintisan PBL di mata kuliah yang terkait dengan KBK Geoteknik bisa terwujud di Kurikulum 2015 Prodi S1 Teknik Sipil UNNES.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s