Alhamdulillah, UNNES Juara 1 Lomba Kuat Tekan Beton 2016 UK Petra

Beton merupakan bahan bangunan yang sangat umum digunakan masyarakat untuk struktur rumah tinggal, gedung bertingkat dan yang lainnya. Mengingat fungsinya yang sangat penting untuk menahan beban, maka dari itu diperlukan proses yang benar saat membuatnya. Biasanya semakin tinggi kekuatan beton maka harga dari beton tersebut juga akan ikut mahal. Bagaimana menghasilkan beton yang berkualitas tetapi dengan harga yang efisien merupakan tantangan tersendiri yang perlu dipecahkan. Sebagai mahasiswa yang berperan dalam dunia konstruksi, mahasiswa Teknik Sipil Universitas Kristen Petra (UK Petra) menggelar Lomba Kuat Tekan Beton 2016 (LKTB 2016) untuk mendorong terciptanya inovasi baru tentang beton dengan pengaplikasian low cement concrete.

Gelaran lomba LKTB 2016 ini berhasil menjaring 95 tim dengan tiga orang didalamnya dari berbagai daerah diantaranya Yogyakarta, Jepara, Jember, Makassar, Riau, Sumatera Utara, Malang, Surabaya, Semarang dan Solo. Dalam kompetisi ini, setelah mendapatkan pembekalan dari panitia mengenai low cement concrete para peserta diminta untuk membuat beton sesuai ketentuan lomba di lapangan ANTA Universitas Kristen Petra tanggal 14-15 Maret 2016 yang lalu. Para peserta diminta membuat dua beton silinder dengan ukuran 30×15 cm dan nantinya akan diuji kekuatannya. Dibutuhkan waktu 28 hari penuh agar beton para peserta tersebut siap tahan uji kekuatannya dengan cara direndam dalam air (proses curing).  Saat pengujian yang lalu, beton peserta ada yang mencapai kekuatan 70 MPa dengan hanya menggunakan semen 275 kg/m3 yang merupakan syarat dari lomba ini.

Tersaring 10 tim untuk mengikuti tahapan final LKTB 2016 yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 14-15 Mei 2016 mulai pukul 13.00-21.00 WIB di Atrium Ciputra World Surabaya lantai LG. Dalam babak ini, ke-10 tim tersebut diminta untuk mempresentasikan desain beton yang telah dibuat dan juga inovasi beton low cement concrete untuk masa depan dihadapan tiga juri. Tim UNNES yang diwakili oleh Tim Keeper Libel alhamdulillah meraih Juara 1 dalam LKTB 2016 menyisihkan Tim UAJY Yogyakarta, UTY Yogyakarta, UNTAG, UNDIP, ITS, UK Maranatha dan UMS Surakarta.

Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung pencapaian prestasi mahasiswa ini, sinergi untuk akselerasi inovasi Teknik Sipil UNNES. Perjuangan kalian dari awal memang keren dik, mau menukar liburan kalian dengan berlatih mix design beton di Laboratorium Bahan UNNES bersama satu kelompok lainnya, sempat tidak lolos seleksi di Jurusan, sampai akhirnya menjadi yang terbaik dari 95 kelompok peserta LKTB 2016. Percaya dik, nggak ada yang bisa gagalin keputusan Tuhan untuk mensukseskan seseorang, dan percayalah disaat terberatmu nanti kalian nggak akan sendiri. Semoga menginspirasi mahasiswa baru yang sebentar lagi masuk ke Jurusan Teknik Sipil UNNES. Selamat ya dik, mental juara kalian luar biasa.

LKTB2016_03Tim KEEPER LIBEL : ANNISAUL HIDAYAH (Sipil 2015), AMELIA QOLY (Sipil 2015), dan MUCHAMMAD RIDHO S.W.(Sipil 2015).

IMG-20160516-WA0020EIMG-20160516-WA0011E

lktbrev

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s